Perbedaan Pinjaman Online Dengan Pinjaman Lainnya

Pinjaman online berizin ojk dengan pembayaran bulanan sama seperti pinjaman offline, dengan beberapa pengecualian. Bank bukan satu-satunya pemberi pinjaman yang menawarkan jenis pinjaman ini, dan proses pinjaman (dari keputusan hingga pencairan) biasanya lebih cepat daripada secara offline.

Pinjaman online membutuhkan dan dengan mudah memfasilitasi jenis pertimbangan yang sama seperti keputusan keuangan lainnya. Akhirnya, kesalahpahaman umum tentang pinjaman pribadi online adalah bahwa mereka sama dengan pinjaman hari gajian. Kenyataannya adalah bahwa ini adalah dua produk keuangan yang sama sekali berbeda yang menargetkan segmen pinjaman yang berbeda.

Perbedaan Pinjaman Online Dengan Pinjaman Lainnya
-Pinjaman Online Dengan Pembayaran Bulanan
Layanan keuangan yang kebanyakan orang akan gunakan dalam hidup mereka adalah beberapa bentuk pinjaman (misalnya hipotek, pembiayaan kembali, dll). Tapi pinjaman tidak hanya untuk rumah dan mobil, ada pinjaman pribadi juga tersedia. Pinjaman online dengan pembayaran bulanan adalah versi yang relatif baru dari pinjaman pribadi sehari-hari. Apakah artikel ini kita akan melihat lebih dekat pinjaman online.

Misalkan Anda memiliki keadaan darurat tak terduga yang membuat Anda membutuhkan banyak uang tunai. Pinjaman pribadi dapat memberikan uang tunai yang Anda butuhkan dengan stabilitas fiskal yang lebih besar daripada penawaran kartu kredit. Jika Anda telah membaca konten kami, maka Anda sudah memiliki beberapa dasar tentang cara kerja pinjaman. Pemberi pinjaman memberi Anda sejumlah uang dengan syarat Anda akan membayar uang itu kembali.

Bersama dengan bunga yang disepakati dalam jangka waktu tertentu.Pinjaman online berizin ojk tidak berbeda, dan bank bertindak sebagai pemberi pinjaman utama. Namun inilah perbedaan antara pinjaman pribadi tradisional dan pinjaman online dengan pembayaran bulanan. Mekanisme keuangan pinjaman online dengan pembayaran bulanan sama, tetapi bank tidak selalu menjadi pemberi pinjaman.

-Pinjaman Online vs Pinjaman Offline
Ada perbedaan lain antara pinjaman online dan pinjaman pribadi tradisional di luar pertanyaan tentang siapa yang melakukan pinjaman. Salah satunya, proses pengambilan keputusan dan pencairan pinjaman online jauh lebih cepat daripada rekanan batu bata dan mortir. Dibandingkan dengan kecepatan pemberi pinjaman online, bank dapat mengambil hari atau minggu untuk membuat keputusan mereka.
Beberapa pemberi pinjaman online dapat memberikan persetujuan pinjaman dalam hitungan menit. Pencairan dana dapat dilakukan dalam waktu 24 jam. Sangat mudah untuk memahami bagaimana bisa dengan cepat mendapatkan uang yang Anda butuhkan dalam keadaan darurat akan dianggap sebagai keuntungan.

Keuntungan lain dari pinjaman online adalah bahwa sifat dari segmen industri memfasilitasi penelitian yang diperlukan untuk menemukan pemberi pinjaman yang tepat. Sementara skenario di atas untuk membutuhkan pinjaman pribadi digambarkan sebagai skenario darurat, itu akan menjadi keputusan keuangan yang sangat buruk untuk mengambil pinjaman pertama yang Anda temukan.

Meskipun keadaan darurat yang tidak terduga bukanlah situasi yang ideal, Anda masih perlu membuat pertimbangan rasional yang sama seperti yang Anda lakukan dengan keputusan keuangan besar apa pun. Itu berarti Anda perlu membandingkan tarif dan persyaratan pemberi pinjaman; Anda tidak ingin menandatangani perjanjian yang membuat Anda keluar dari satu situasi buruk tetapi menempatkan Anda ke situasi lain.

Pemberi pinjaman online dan platform informasi keuangan dapat memberi Anda informasi yang Anda butuhkan untuk menemukan dan membandingkan pemberi pinjaman online secara real time. Mengingat kelebihannya, Anda dapat melihat mengapa pinjaman pribadi online dengan pembayaran bulanan begitu populer. Ada peningkatan 18% dalam penggunaan pinjaman pribadi dari tahun 2013 hingga 2015, dan penggunaan pinjaman online termasuk dalam peningkatan itu.

-Pinjaman Online vs Pinjaman Payday
Setelah membahas apa pinjaman pribadi online dengan cicilan bulanan, kita perlu melihat apa yang tidak. Kebanyakan orang cenderung (secara tidak akurat) menggabungkan pinjaman pribadi online dengan pinjaman hari gajian. Pada kenyataannya, ini adalah dua produk keuangan yang sama sekali berbeda.

Perbedaan paling signifikan antara keduanya adalah pinjaman bayaran bukan pinjaman cicilan seperti pinjaman online dengan cicilan bulanan. Pinjaman bayaran harus dibayar kembali dalam waktu satu bulan (atau kurang) dalam banyak kasus. Dan untuk memastikan hal ini terjadi, pemberi pinjaman akan sering memperhitungkan.

Perbedaan kedua antara pinjaman pribadi online dan pinjaman gaji juga di mana kami menemukan alasan untuk praktik yang terakhir di atas. Anda memerlukan skor kredit yang sehat untuk mendapatkan pinjaman. Tetapi bagaimana Anda dapat menemukan pinjaman pribadi ketika kredit Anda buruk?

Di situlah pemberi pinjaman bayaran masuk. Pelanggan mereka terutama adalah orang-orang dengan kredit buruk yang sangat membutuhkan pinjaman pribadi. Tetapi karena orang-orang dengan kredit yang buruk menurut definisi merupakan risiko keuangan yang sangat berbahaya, pinjaman hari gajian disusun untuk memastikan bahwa pemberi pinjaman mendapatkan uang mereka kembali apa pun yang terjadi.

Kesimpulan
Mengingat fakta bahwa bayaran pemberi pinjaman online berizin ojk biaya untuk pinjaman dua minggu setara dengan APR 400% Anda mungkin bisa berargumen bahwa pemberi pinjaman ini kurang “melayani” dan lebih “memangsa” segmen ekonomi putus asa. Bagaimanapun, pinjaman gaji dan pinjaman pribadi online bukanlah hal yang sama ; pinjaman online mewakili pilihan keuangan yang lebih baik dan lebih stabil daripada pinjaman hari gajian.