Source: https://www.keywordbasket.com/dGFuYW1hbiBkYXVu/

Di dunia, terdapat dua jenis daun salam yaitu daun salam India dan Eropa. Namun, perbedaan keduanya terlihat begitu mencolok. Daun salam India juga disebut sebagai daun salam yang ada di Indonesia. Berbeda halnya dengan daun salam Eropa. Bentuk daunnya lebih tipis dan kurang aromatik dengan sedikit rasa jeruk. Jika Anda tidak mendapatkan daun salam India, ada baiknya untuk menggunakan daun jeruk atau curry leaf

Manfaat Daun Salam

Di Indonesia sendiri, daun salam dimanfaatkan sebagai bumbu masak semur, sup, dan kari. Tidak hanya itu saja, ternyata daun salam memiliki beragam manfaat dalam dunia kesehatan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut. 

  • Baik Untuk Pencernaan

Daun salam dapat mengobati masalah pencernaan seperti perut kembung, mulas, susah buang air, sembelit, dan refluks asam. Ini karena daun salam mengandung enzim yang menyediakan pemecahan protein. Cara menggunakannya adalah dengan merebus daun salam sebanyak lima gram bersama sepotong jahe. Untuk hasil terbaik, tambahkan madu dan minumlah sebanyak dua kali sehari. 

  • Mengobati Diabetes

Daun salam dapat menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan glukosa darah, sehingga bermanfaat dalam penyembuhan diabetes tipe dua. Keringkan daun salam dan tumbuklah hingga berbentuk bubuk. Larutkan satu sendok teh daun salam tersebut dalam 200 ml air. Minumlah secara rutin selama tiga puluh hari dan lihatlah bagaimana ia bekerja terhadap tubuh Anda. 

Selain itu, Antioksidan pada daun salam memberdayakan tubuh demi memproses insulin secara efisien. Sehingga ini menjadikannya pilihan yang baik bagi penderita resistensi insulin dan diabetes.  

  • Painkiller 

Eugenol atau minyak atsiri dan Methyl chavicol pada daun salam efektif membunuh bakteri dan jamur.  Hal ini juga sangat baik untuk mengobati nyeri dan peradangan umum seperti keseleo, rematik, dan arthritis.  Memijat tubuh menggunakan minyak daun salam akan membantu meredakan sakit kepala dan migrain.

Hal tersebut juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Dalam kasus nyeri sendi, Anda dapat membuat plester dari daun salam dan daun jarak. Caranya adalah dengan mengikatnya di sekitar sendi yang bengkak untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit.

  • Terbaik Untuk Kardiovaskular

Fitonutrien yang luar biasa dalam daun salam dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung. Ini juga mengandung nutrisi yang kaya seperti fitonutrien, asam caffeic, dan salisilat yang dapat meningkatkan fungsi dan kesehatan jantung. 

Untuk dapat merasakan khasiatnya, rebuslah daun salam sebanyak tiga gram bersama bunga mawar liar dalam 250 ml air. Rebus hingga menyisakan air sebanyak 75 ml, lalu saring dan minum. 

  • Mengatasi Insomnia

Bagi Anda yang mengalami masalah tidur, campurkan beberapa tetes ekstrak daun salam dengan air dan konsumsi sebelum tidur. Ini akan membantu Anda tidur lebih cepat dan nyenyak. 

  • Membersihkan Gigi 

Daun salam juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan gigi yang bersih dan senyuman yang indah. Caranya adalah dengan menyikat gigi menggunakan daun salam dalam tiga hari sekali. 

Bagaimana Cara Menemukan Daun Salam?

Sayangnya, daun salam segar belum tersedia di luar negeri. Namun, jika Anda masih berdomisili di Indonesia khususnya di daerah Jawa, tentunya bukanlah hal yang sulit untuk menemukan daun salam. Lebih lagi, saat ini sudah tersedia platform jual beli sayuran dan perlengkapan dapur seperti TaniHub. 

TaniHub akan membantu Anda untuk mendapatkan daun salam segar dengan kualitas terbaik. Pesan hari ini, Anda akan mendapatkan barang belanjaan Anda besok pagi. Ini karena TaniHub berkomitmen untuk menjaga kesegaran produk hingga ke tangan pelanggan. Klik di sini untuk mengenal TaniHub lebih detail dan dapatkan promo menariknya.